Rabu, 28 Maret 2012

aku nemu ini di milis tentang si tomcat

22 komentar:

  1. Dear all
    Ini info lebih akurat utk mengurangi paranoid masyarakat: berita ttg tomcat yg heboh ga benar. Ini sekedar dermatitis venenata. Di internet bisa cari "blister beetle dermatitis". Kasus biasa: kulit melepuh krn toksin pederin yg ada di tubuh serangga ini (Paederus sp). Toksin dikeluarkan kalau tubuh serangga hancur(diremek) dan bukan krn digigit. Serangga ini banyak di semak2, ladang, perkebunan, dsb. Di surabaya heboh krn memang tiba2 banyak serangga-nya, krn perubahan eksosistem.

    Kasus ini sudah ada sejak thn 1920, di afrika, india, malaysia, dsb. (bisa di search, dan ada berbagai jurnal yg bahas ). Orang di daerah pedesaan / ladang sudah familiar. heboh karena kena orang kota dan dibroadcast kemana2, dengan tambahan cerita seram2 Terapi ya seperti dermatitis krn insect bite saja. Kalau baru kena, bersihkan dg air sabun. Kalau ada reaksi dermatitis, dg steorid dan bila ada infeksi sekunder dg antibiotik topikal. Kalau reaksi hebat, perlu antihistamin Kalau anafilaksis, ya terapi anafilaksis. Anjuran pakai asiklovir spt Metro TV tdk benar; serangga-nya disemprot insektisida mati kok (info: dr Retno spkk)

    Semoga bermanfaat
    Wass
    NIS
    www.icpps.org
    www.ukm-center.org

    BalasHapus
  2. makk di surabaya itu tomcat malah jdi buat balapan lo sm anak2 kecil pesantren
    balapan tomcat.. serius..

    BalasHapus
  3. jadi pertelevisian kita lebay yo mak

    BalasHapus
  4. spicless la mba kalau ngomongin media.. tpi skrg sy ganti tipi kesayangan.. jdi kompasTV hehehehe
    mdh2an lebih objektif lah mba..

    BalasHapus
  5. drpd balapan liar n mengganggu ketertiban umum hehe...

    BalasHapus
  6. emang tv nasional lebay dan alay mak :(

    BalasHapus
  7. iya, ternyata g sengeri yang diberitakan...

    BalasHapus
  8. cem mana caranya mak? apa musti langganana dulu?

    BalasHapus
  9. seharusnya nga bole begitu kan mak...itu namanya pembodohan

    BalasHapus
  10. apa karena nga ada berita kali yah mak?

    BalasHapus
  11. oalaaah, ternyata malah biasa buat mainan anak-anak -__-

    BalasHapus
  12. nah itu dia mak nova. pdhl ya tomcat itu di sawah2 udah biasa dan masyarakat desa itu biasa aja liat tomcat. kl aku liat sih ini spt ibu2 kota yg heboh dan takut anaknya terserang ya begitulah pertelevisian kita. yg plg miris itu kl ternyata berita yg disebar mereka dpt dari BBM cih!

    BalasHapus
  13. mgk mmg media indonesia sukanya menghebohkan sesuatu yang sebenarnya biasa sj. kmrn juga sempat khawatir krn rumah sy depannya adalah sawah. tp trus cr2 literatur, ternyata kl daerah persawahan malah bebas tomcat krn tomcat punya hewan yang diserang, jd g bakal nyerang manusia. ya intinya berita di tv kurang berimbang. pas nanya2 ke petani tetangga2 sy mereka malah ketwa, trus bilang kl itu gpp kok, gitu...

    BalasHapus
  14. tambahan

    Baca dulu, penting! Info ttg first aid Tomcat. Terutama yang surabaya.
    1. Yang dapet info anti racun tomcat adalah acyclovir, itu salah.acyclovir itu adalah antiviral yang mana digunakan sebagai antivirus herpes. Apabila memakai acyclovir, bisa2 malah merusak dan meracuni dna anda sendiri. Belum lagi, bisa berbahaya bagi ibu hamil dan ibu menyusui

    2. Racun tomcat tidak menybabkan herpes. Hanya saja, memiliki gejala yang sama dengan herpes.

    3. Yang mendapat bm picture efek tomcat gambar tangan melepuh nanah besar semangkok. Itu asli herpes. Tomcat hanya membuat bintil2 kecil. Tpi tetap saja jangan digaruk.

    4. Racun tomcat bersifat asam. Jadi, first aid buat racun tomcat adalah sifat basa. Air sabun adalah yang paling mudah. Apabila anda tersentuh tomcat saat sedang ditempat yang tak ada air sabun, gunakan air liur anda. Karena air liur bersifat basa. Kemudian segera bawalah kedokter.

    5. Efek bintil2 tomcat muncul antara 24-36 jam. Efek paling pertama muncul adarah kulit memerah dan terasa panas. Pada saat anda merasakan itu, gunakan air liur atau air sabun tersebut.

    6. Tomcat tidak akan terrlalu berbahaya apabila kontaknya tak langsung, contoh : ia mengeluarkan cairan di handuk anda, dan anda memakainya. Maka anda akan terkena toksin tersebut. Namun tak separah kontak langsung. Jadi tetap tenang, jangan panik, gunakan first aid diatas dan segera ke dokter.

    7. Tomcat tak bisa terbang. Seringkali kita membaca diinternet bahwa tomcat memiliki sayap transparan yang keras dan bisa terbang. Sebetulnya tidak. Selain itu, gunakan air panas untuk membunuh tomcat saat dikamar mandi dengan cara disiram.

    Sampai saat ini baru itu info yang saya dapat. Semoga membantu. Monggo di broadcast. Kasihan orang yang parno. Semoga membantu

    BalasHapus
  15. hihihihi...sy mantan petani mak..#lulusan pertanian mak, kenalnya dulu bukan tomcat namanya, pas tau bentuknya br ngeh klo serangga yg sering di sawah..keknya dulu aman aman sajo tuh..apa mreka bermutasi yah, krn kena pestisida terus menerus...hehehe...

    BalasHapus
  16. itulah orng sekarang yo mak..terlalu ngota

    BalasHapus